Supremachina Review - Game Android & iOS

Ghostwhale Studio yang merupakan developer video game asal Indonesia yang bermakas di Jakarta baru saja merilis game terbaru mereka Supremachina pada 10 April 2018 untuk platform Android dan iOS. Supremachina yang merupakan game space action arcade dengan gaya sepeda motor fiksi ilmiah dengan mekanik game yang mudah dipelajari yakni menghindar dan menembak. Namun, memiliki tingkat kesulitan yang cukup membuat frustasi.

Gameplay sendiri cukup sederhana, player akan mengendalikan sepeda motor dan berusaha untuk menghindari serangan musuh dengan bergerak ke kiri maupun ke kanan. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan sepanjang permainan seperti dash, ataupun shield. Untuk dash sendiri dapat berguna saat menghindari serangan musuh yang bertubi-tubi dan tidak memiliki celah untuk dihindari dengan kontrol biasa. Sedangkan untuk shield, akan memberikan kemampuan untuk melindungi player dari damage selama beberapa detik. Selain itu shield juga dapat melakukan counter untuk serangan musuh tertentu.

Meskipun mekanik gameplay yang dijelaskan terkesan sederhana, Ghostwhale Studio berhasil membuat game ini tetap menantang dengan mekanik setiap musuh yang unik dan membutuhkan waktu untuk dipelajari. Player akan membutuhkan waktu untuk mempelajari serangan musuh dan merancang sendiri gerakan yang diperlukan untuk menghindari ataupun counter serangan musuh.

Stage pada game ini sendiri akan dibagi dalam beberapa fase, player akan menghadapi robot musuh dalam beberapa fase terbagi dari bagian-bagian mesin robot tersebut. Setiap bagian dari robot ini juga akan memiliki mekanik unik tersendiri yang player wajib pelajari agar dapat mengalahkannya.

Kemudian, setelah menyelesaikan satu fase, player akan diberikan kesempatan untuk membeirkan buff pada player mereka untuk fase berikutnya. Buff seperti peningkatan serangan ataupun healing item yang dapat digunakan secara terbatas pada fase berikutnya.

Seperti musuh yang hanya mampu dikalahi dengan melakukan serangan counter. Sebagai game dengan tingkat kesulitan yang tinggi Supremachina menepati janjinya dengan tidak memberikan pilihan untuk melanjutkan permainan saat player kalah atau kehabisan nyawa pada salah satu fase dan harus mengulanginya lagi dari awal. Sehingga player harus dapat merancang strategi dan memenangkan setiap fase se-efisien mungkin untuk meningkatkan probabilitas kemenangan mereka difase berikutnya. Cukup menarik karena tidak banyak game yang memaksa anda untuk berpikir jauh kedepan pada sebuah arcade game.

Kekurangan yang ditemukan pada mekanik game ini ada pada sisi kontrol yang menurut kami, kurang responsif. Serta, penyesuaian waktu yang pas untuk menggunakan shield sebagai serangan balik masih kurang sempurna. Kamu akan sering merasa timing kurang pas meskipun sebenarnya jarak yang dibutuhkan untuk melakukan counter dirasa sudah cukup. Hal ini juga sama dengan penggunaan dash dimana player akan sering merasa sudah melakukannya disaat yang tepat tapi tetap terkena damage.

Untuk segi grafik, menurut kami Supremachina berhasil memberikan grafik yang memukau. Dengan gaya abstrak dan warna yang menurut kami sangat cocok untuk game dengan tema space action. Desain karakter maupun robot musuh juga sederhana namun memberikan kesan cukup sebagai game arcade.

Kemudian, kami juga merasa kolaborasi Ghostwhale dengan Sunmantra untuk menciptakan BGM untuk Supremachina adalah hal sukses. Tidak ada kejanggalan pada konsep musik latar belakang dari Supremachina. Kamu dapat menikmati musik electro yang sesusai dengan tema action space sepanjang permainan.

The Verdict

Supremachina merupakan game yang layak direkomendasikan untuk player yang menyukai arcade game dengan tantangan dan tingkat kesulitan tinggi. Meskipun gameplay terkesan sederhana, Ghostwhale berhasil menciptakan mekanik game yang menantang dan membutuhkan waktu untuk diselesaikan.

Supremachina dijual dengan harga Rp. 29 ribu, pada link dibawah ini:
Google Play: Supremachina - Ghostwhale - Google Play
AppStore: Supremachina - Ghostwhale - AppStore

Apabila masih ragu untuk membeli kamu dapat mencoba demonya (gratis) pada link dibawah ini:
Google Play: Supremachina Lite - Ghostwhale - Google Play
AppStore: Supremachina Lite - Ghostwhale - AppStore

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment