Trailer Ghost of Tsushima Hadir dengan Dub Bahasa Jepang

Pada saat peluncurannya kemarin, penulis sempat berfikir, bahwa mengapa karakter yang ada dalam Ghost of Tsushima, berbicara menggunakan bahasa Inggris? Bukankah mereka adalah orang Jepang? Dan padahal saat Jepang mendapat penyerangan oleh bangsa Mongol, mereka adalah bangsa yang tertutup, belum membuka diri terhadap dunia, serta masih dipimpin oleh Keshogunan sebagai penguasa tertinggi. Jepang baru membuka diri pada zaman restorasi Meiji sekitar tahun 1866, lalu bagaimana mungkin mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai basis percakapan di dalam game? Karena seolah-olah hal tersebut “mengkhianati” Sejarah itu sendiri.

Pertanyaan tersebut terbayang-bayang di benak penulis selama beberapa saat, setelah melihat pertama kali gameplay dari Ghost of Tsushima. Namun beberapa waktu berselang, Sucker Punch memberikan sebuah trailer baru dengan menggunakan bahasa Jepang sebagai dialog utama dalam gameplay trailernya. Sekaligus kabar bahwa Ghost of Tsushima akan dapat dimainkan dalam bahasa Jepang, secara keseluruhan..

[embedded content]

Sebelumnya, baik Sony maupun Sucker Punch melakukan seluruh pembaharuan pada segala aspek yang ada di dalam trailer, terkecuali voice actiong, yang menggunakan native bahasa Jepang. Namun kini, dengan ditambahkannya dub Jepang, trailer mejadi lebih realistis dan memberkan impact yang lebih real sesuai dengan keadaan Jepang saat itu. Jelas merupakan suatu yang aneh apabila Invasi Mongol ke pulau Tsushima yang terjadi pada tahun 1274, sementara orang-orang Jepang pada saat itu malah bisa menggunakan bahasa Inggris.

Bahasa Jepang memang merupakan cara yang “tepat” untuk memainkan gamenya jika kita ingin merasakan atmosfer yang otentik, karena cerita yang dibahas memang mengenai sejarah Negara Jepang. Namun tentu, tidak sedkit pemain yang lebih suka menggunakan dub versi bahasa Inggris mengingat sebagian pemain game memiliki kecenderungan lebih mudah mendengarkan langsung, daripada harus melihat dan membaca subtitle. Hal ini mungkin akan menjad alternatif bagi Sucker Punch untuk meletakkan dual dub untuk versi rilisnya nanti.

Memiliki dual bahasa (dub) bukanlah merupakan hal yang buruk, karena ini justru akan memberikan dampak positif untuk merangkul fans secara menyeluruh. Di samping itu, baik menggunakan bahasa Jepang maupun bahasa Inggris, hal tersebut tidak akan mengurangi maupun berdampak pada konten yang berada di dalam game nantinya. Seluruh konten baik itu sistem pertempuran yang brutal, karakter, grafik yang memukau, tetap akan tersaji baik dalam versi bahasa Jepang, maupun versi Amerikanya nanti dalam bahasa Inggris.

Ghost of Tsushima merupakan salah satu game yang menarik perhatian pada presentasi Sony pada ajang E3 2018 kemarin. Hadirnya combat style ala Samurai tradisional, serta grafik yang sangat luar biasa menawan, menjadi daya tarik tersendiri bagi game ini. Sucker Punch harus benar-benar matang mempersiapkan game yang merupakan salah satu konten eksklusif untuk Sony Playstation 4 ini, sehingga dapat menyajikan sesuatu yang nantinya akan mendapat respon positif kembali di masa depan. Karena dengan antusiasme yang tinggi pada peluncurannya kemarin, tanpa diragukan lagi, fans diprediksi akan menunggu dan melihat perkembangan dari game ini ke depannya.

Ghost of Tsushima saat ini masih berada dalam tahap pengembangan, dan akan dirilis secara eksklusif untuk Playstation 4.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment