10 Detail yang Harus Kalian Ketahui tentang Spider-Man PS4

Setelah menunggu hingga beberapa bulan lamanya dari Sony dan Insomniac selaku pengembang, mengenai game terbaru mereka Marvel’s Spider-Man. Berbagai informasi baru akhirnya meledak di Internet, berkat wawancara eksklusif yang dilakukan oleh Majalah Game Informer. Setelah sebelumnya, pengembangan game ini seolah menjadi misteri yang sulit sekali dicari sejak kemunculan teaser perdananya pada 2016 silam.

Jika semuanya berjalan lancar, Marvel’s Spider-Man dijadwalkan untuk dirilis pada 7 September 2018 mendatang. Selain itu, Game Informer sebagai media yang mendapat hak secara langsung sepertinya tidak menyia-nyakan kesempatan ini. Mereka terus menggali berbagai informasi hingga sejauh mungkin agar mendapatkan berbagai detail kecil yang bisa didapat dari sang Developer, Insomniac.

Kru Naiklevel berusaha merangkum berbagai detail yang didapat hingga sekarang, dan berkaitan dengan hal tersebut didapatkan 10 Detail terbaru dari game Spider-Man PS4 atau yang sekarang berjudul resmi Marvel’s Spider-Man.

10. Upgrade Bagian-Bagian Tertentu dari Kostum Spider-Man

Beberapa game bertema open world memasukkan fitur upgrade kamampuan menjadi semacam cabang khusus dengan level dan kemampuan-kemampuan tertentu. Mekanisme ini juga kemungkinan diterapkan pada Spider-Man PS4. Fitur ini sebenarnya sudah ada pada game Spider-Man sebelumnya seperti Web of Shadow. Namun hal menarik di sini adalah, tidak hanya sebatas pada kemampuan Spider-Man, melainkan juga pada gadget yang dimilikinya.

Kita sudah melihat dalam demo, Spider-Man memiliki sistem web shooter seperti “Web Granade”, dan juga Spidr-Drone dalam film Spider-Man: Homecoming. Ya, Spidey di sini tidak akan terfokus pada pertempuran secara terbuka, namun juga menggunakan dan mengontrol gadget-gadget miliknya untuk membangun gameplay yang lebih menarik.

9. Tidak akan ada “Micro-Transaction”

“Hell no”. Itulah yang dikatakan oleh Insomniac ketika mereka ditanya mengenai fitur-fiitur yang berkaitan dengan uang asli dalam game ini. Untungnya, tidak ada keterlibatan transaksi mikro, yang berarti semua fitur (kostum, gadget, dll) akan dapat dinikmati secara gratis. Dalam sebuah informasi disebutkan, misalnya untuk meng-unlock kostum lainnya, Player dapat menemukan part-part kostum, melalui quest yang nantinya akan menjadi semacam side-mission di dalam game. Maupun didownload secara gratis melalui PSN.

8. Spider-Man Telah Menantang Semua Musuh Ikonik (kecuali Musuh Besar-nya).

Dalam game ini, Peter Parker telah berusia 23 tahun. Dengan kata lain, ia telah menjadi Spider-Man sekitar kurang lebih 8 tahun. Dalam trailer demo, Mr. Negative nampaknya akan menjadi salah satu musuh utama. Kita bahkan telah melihat Kingpin, dan juga Shocker. Dan dengan ditangkapnya Kingpin, Peter merasa bahwa Spider-Man tidak dibutuhkan lagi sehingga ia bisa kembali ke kehidupan lamanya sebagai seseorang yang normal. Dengan indikasi tersebut, bukan tidak mungkin Peter telah menghadapi berbagai lawan kuat, termasuk beberapa yang ikonik

Insomniac menyebutkan bahwa Spidey telah menghadapi beberapa villain seperti Vulture, Rhino, dan Elektro. Hal yang menarik, bahwa mereka tidak memention nama Green Goblin, yang merupakan nemesis dari Spidey. Diketahui bahwa dalam game ini, dikabarkan Peter masih berteman baik dengan Harry Osborn yang akan muncul nantinya. Jika benar demikian, Peter nampaknya belum mengetahui atau bahkan bertemu sama sekali dengan si Setan Hijau.

7. Ada Sekitar 20 Jenis Kostum Klasik untuk Di-Unlock

Salah satu tradisi yang tidak dapat dipungkiri dari game Spider-Man adalah variasi kostum. Insomniac sepertinya tidak ingin kalah dengan Spider-Man PS1, karenanya mereka juga menyapkan kemampuan-kemampuan khusus yang berbeda pada setiap kostumnya nanti. Player dapat meng-unlock kostumnya melalui crafting material yang dapat didapatkan melalui berbagai macam side quest. Sejauh ini kostum yang sudah dikonfirmasi ada dalam game di antaranya :

Classic Spider-Man (Merah, Biru)
Spider-Punk
Mk II / Iron Spider - Avengers: Infinity War
Underoos / Pajama / Crappy Costume - Spider-Man: Homecoming
Spider-Noir

6. Ada 3 DLC Cerita Setelah Gamenya Dirilis

Setelah berakhirnya cerita utama dalam Marvel’s Spider-Man, Insomniac telah menyiapkan 3 skenario tambahan dalam DLC “The City That Never Sleeps”. Konten ini akan berisi 3 cerita dengan bonus kostum, serta Musuh yang berbeda. Bahkan bisa jadi kalau mereka telah menyiapkan karakter lain yang playable nantinya. Dikabarkan, cerita pertama akan berfokus pada Black Cat, yang melakukan sebuah misi saat cerita utama dalam game sedang terjadi.

5. Wilson Fisk a.k.a The Kingpin, Akan Mempunyai Porsi Cerita yang Besar

Meskipun kita diperlihatkan bahwa Mr. Negative nampaknya akan menjadi musuh utama di dalam game ini, namun ternyata banyak yang menyita perhatian dan mempertanyakan bagaimana peran Kingpin dalam cerita nantinya. Dalam trailer terakhir, MJ bertanya pada Peter bahwa setelah Kingpin masuk penjara, apa yang akan terjadi pada New York. Di sana Peter hanya menjawab bahwa New York mungkin akan menjadi aman, dan dia tidak dibutuhkan lagi. Pengaruh bos Mafia terbesar di New York ini sangatlah besar bagi aktivitas kriminal yang ada di kota tersebut. Kingpin diprediksi akan menjadi salah satu plot driven bagi pembangunan karakter Spider-Man ketika awal-awal game ini dimulai.

4. Hubungan “Awkward” Peter dan Mary Jane

Seperti yang kita ketahui, bahwa Mary Jane (MJ) akan menjadi karakter Heroine yang juga merupakan Love Interest Peter dalam game kali ini. Insomniac baru saja memberitahukan bagaimana hubungan keduanya saat ini. Berdasarkan informasi yang mereka berikan, Peter dan MJ telah mengalami hubungan putus-nyambung selama bertahun-tahun. Bahkan pada awal permulaan game ini, mereka sudah tidak berbicara satu sama lain selama 6 bulan terakhir.

Dalam Universe ini, MJ lah yang bekerja di Daily Bugle sebagai jurnalis seperti dalam cerita Ultimate Spider-Man. Ia lah yang mengekspos aksi heroik Peter sebagai Spider-Man, mengingat keduanya dalam game ini telah mengetahui rahasia masing-masing. MJ juga telah dikonfirmasi sebagai karakter playable dalam game ini. Dengan skenario ceritanya yang masih dalam tahap pengembangan.

3. Semua tentang Misi Sampingan (Side Missions)

Setiap game bertema open world, tak akan lengkap bila tidak ada misi sampingan yang dapat dilakukan saat maupun setelah misi utama selesai. Spider-Man PS4 juga nampaknya menerapkan hal yang sama. Meski ini bukanlah hal baru dalam game Spider-Man. Game ini akan memiliki misi sampingan, di mana apa yang dilakukan Spidey dalam misi akan berdampak pada reputasinya sebagai penjaga kota.

Menangkap anak buah Kingpin untuk mengurangi influensi perkembangan kriminal di kota. Bahkan tak menutup kemungkinan berhadapan dengan list musuh tradisional Spider-Man lainnya, seperti memadamkan bom yang dipasang Taskmaster, maupun mengalahkan Shocker dikabarkan akan menjadi salah satu side mission menarik yang ada di sela-sela misi utama.

2. Identitas dan Pekerjaan Seorang Peter Parker

Detail mengenai apa yang dilakukan oleh Peter Parker karena kita dapat asumsikan bahwa pekerjaannya sebagai Fotografer, atau apapun yang berkaitan dengan Daily Bugle hampir pasti telah “diambil” oleh MJ. Insomniac masih belum ingin menyebutkannya sampai dirilis nanti. Karena itu akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari cerita.

Sejauh ini dalam trailer, Peter terlihat membantu Bibi May yang bekerja di Shelter milik Martin Li. Ia juga sepertinya kesulitan untuk membayar sewa apartemennya. Insomniac hanya memberi gambaran bahwa kostum baru Peter sebagai Spider-Man, berkaitan dengan cerita juga kemampuannya sebagai seorang Scientist. Bukan tidak mungkin Peter bekerjasama dengan sebuah perusahaan sains seperti Oscorp atau yang setara dengannya.

Lebih luasnya lagi.. Karena …

1. Superhero di New York Bukan Hanya Spider-Man

Spekulasi mengenai hadirnya Superhero Marvel lain dalam game ini, masih menjadi perdebatan. Insomniac bahkan belum mengkonfirmasi akan hal ini. Sejak teaser pertama keluar, teori mengenai eksistensi Sanctum Sanctorum (Mansion kediaman milik Doctor Strange) mengemuka, tetap saja masih menyisakan banyak tanda tanya. Hal yang menarik adalah berbagai landmark terkenal seperti Avengers Tower dan Kedutaan Wakanda, dikabarkan eksis dalam dunia Spider-Man yang satu ini. Namun Insomniac belum mengkonfirmasi apakah akan ada Superhero yang berhubungan dengan bangunan tersebut maupun kemunculannya dalam gamenya nanti.

Mungkin jika kabar mengenai potensi Peter sebagai seorang Scientist benar adanya, kita dapat mendapatkan sedikit kejelasan mengenai pekerjaan seorang Peter Parker. Dan bukan tidak mungkin bahwa dia juga bekerjasama dengan superhero lain dalam pekerjaannya dalam bidang sains, seperti … Tony Stark atau Bruce Banner?

FINAL VERDICT

Demikian 10 Detail mengenai Marvel’s Spider-Man sejauh ini. Benar atau tidaknya detail-detail dari berbagai berita di atas, kita nampaknya harus menunggu beberapa bulan lagi untuk menjawab semua pertanyaan dan berbagai kemungkinan yang telah disebutkan. Isu-isu di atas jika dipikirkan lebih dalam malah justru semakin penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya, bukan?

Marvel’s Spider-Man akan dirilis secara eksklusif untuk Playstation 4 pada 7 September 2018 mendatang.

Postingan Lainnya

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment