Hackers Temukan Celah untuk Mengeksploitasi Nintendo Switch

Minggu ini, dua group hacking secara independen telah merilis metode yang dapat membuat user untuk membongkar Nintendo Switch.

Nintendo terkenal dengan pengamanannya dalam hal melindungi software dan hardwarenya, hal ini tentunya hanyalah menjadi sebuah tembok bagi sebagian hackers untuk dilewati. Sebelumnya, Nintendo Switch telah membuat tahun pertamanya dipenuhi dengan celah bagi para gamers kreatif untuk mempermainkannya. Tapi sekarang, nampaknya para hackers telah menemukan sesuatu yang lebih besar dari penemuan celah sebelumnya.

Salah satu grup hackers bahkan telah melakukan versi posted dari Linux pada perangkat Nintendo. Hal buruk yang dikemukakan para hackers kepada Nintendo ialah bahwa terdapat bug pada system processor chip, yang berarti bahwa Nintendo tidak dapat memperbaikinya hanya lewat update firmware.

Team Reswitched, yang memfokuskan grupnya untuk menghack Console Nintendo agar dapat menjalankan software buatan pribadi juga telah membagikan penemuan mereka. Celah terdapat pada Switch’s Tegra processor USB Recovery Mode atau RCM, diamana hackers dapat dengan mudah membanjirinya dengan data menggunakan computer lain yang di tether melalui koneksi USB.

Dengan melakukan hal tersebut, para hackers dapat melewati security yang mengelilingi Boot ROM, dan dengan mudah dapat membuka Pandora Box pada setiap hal yang diinstall-kan atau dijalankan pada perangkat. Hal ini juga menyangkut pengubahan Switch sebagai handheld yang dapat mengoperasikan Linux ketibang Horizon sebagai standar operating system-nya.

[embedded content]

Terlebih lagi, karena bug ini terdapat dalam Boot ROM, maka tidak akan dapat diperbaiki dengan merevisi hardware, artinya semua unit pada Switch yang tersedia saat ini sangatlah vulnerable, selamanya, ungkap slaah satu grup dengan nama Failoverflow melalui blog-nya. Mereka juga mengatakan bahwa celah tersebut juga muncul pada proses awal boot, yang membuat mereka dapat mengekstrak semua data dan rahasia yang terdapat didalamnya, termasuk juga Boot ROM dan semua kunci cryptographic.

Hingga saat ini masih belum jelas langkah yang akan diambil oleh Nintendo dan Nvdia karena mereka telah memproduksi kurang lebih 14,8 juta unit Switch. Nampaknya mereka akan kesulitan mencari solusi untuk memperbaiki console yang telah beredar di pasaran. Karena hack tersebut dapat memberi kemampuan kepada pemilik console untuk menjalankan semua jenis emulator.

Postingan Lainnya

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment