14 Game Online Terbaik Wajib Dicoba Tahun 2018

Kali ini, Kru Naiklevel akan mencoba mengulas beberapa game online terbaik, yang populer dan masih sangat layak dimainkan, sehingga termasuk dalam katergori game online terbaik hingga tahun 2018 baik itu untuk versi Mobile, maupun PC.

Bermain game secara multiplayer atau juga disebut game online, merupakan sebuah sarana yang saat ini dapat dicapai walaupun tanpa bertatap muka secara langsung. Berkembangnya teknologi internet, membuat dunia game berevolusi mengikuti perkembangan zaman, dengan menerapkan teknologi multiplayer secara online, yang memungkinkan seorang pemain game dapat bermain dan bertemu “langsung” dengan pemain lain dalam sebuah server game sebagai pusat yang menghubungkan jaringan internet di seluruh belahan dunia. Untuk sekedar berinteraksi, membangun relasi, maupun bertarung dalam sebuah kompetisi. Simak pembahasannya berikut ini:

1. DOTA 2

Platform: PC

Dota 2
Dota 2

Developer: Valve

Price: 0


DOTA 2 merupakan permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang bisa dikatakan sangat populer dan mempunyai fanbase yang terhitung merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Game ini dapat dimainkan secara single player maupun multiplayer. Sejak dirilis pada 2013 lalu, game ini mengalami berbagai penambahan hingga perubahan, namun uniknya, inti dari permainan yang selama ini telah diperkenalkan tidaklah hilang. Hal ini lah yang membuat DOTA 2 tetap bertahan sebagai game MOBA paling populer dan paling banyak diminati di hati para fans. Kompetisi online tingkat dunia juga membuat franchise ini bertahan hingga sekarang.

2. Final Fantasy: Brave Exvius

Platform: Android / iOS
[embedded content]

FINAL FANTASY  BRAVE EXVIUS
FINAL FANTASY  BRAVE EXVIUS
Price: Free

Sebagai sebuah game bertema tactical RPG, Final Fantasy Brave Exvius diklaim merupakan salah satu game smartphone yang dapat mempertahankan unsur-unsur klasik dan penting yang diadaptasi dari seri Final Fantasy versi konsol. Game ini secara konstan mendapatkan update serta berkolaborasi dengan franchise terkenal lain dalam event tertentu, dan kalian akan senantiasa mendapatkan bonus berupa karakter baru maupun item setiap kali login jika ada event. Sejak dirilis pada Oktober 2015 silam, FFBE hingga saat ini tercatat sudah diunduh hingga lebih dari 30 juta kali. FFBE juga memiliki Wikiguide yang berisi lebih dari 13,436 halaman yang dijalankan oleh sekitar 6,066 user, dari berbagai komunitas yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

3. Arena of Valor

Platform: Android

Arena of Valor: 5v5 Arena Game
Arena of Valor: 5v5 Arena Game
Price: To be announced

Sama seperti DOTA 2, Arena of Valor juga merupakan game yang bisa dibilang cukup hits di Indonesia pada setahun terakhir dan diklaim sebagai MOBA terpopuler di dunia saat ini. Tidak hanya karakter-karakter originalnya saja, game ini juga membawa karakter-karakter dari DC Universe, seperti Batman, Superman, Joker, dll. Berkat kepopulerannya, AoV juga mendapatkan versi rilis untuk produk terbaru konsol Nintendo, Nintendo Switch.

Game ini merupakan game MOBA paling populer di Indonesia menurut survey yang diadakan oleh Google Play. Tidak hanya sampai di situ, AoV juga dikabarkan akan masuk kategori game yang akan dimainkan sebagai salah satu cabang kejuaraan eSports untuk ASIAN GAMES 2018 mendatang.

4. Bang Dream! GIrls Band Party! (BANDORI)

Platform: Android
[embedded content]

BanG Dream! Girls Band Party!
BanG Dream! Girls Band Party!
Price: Free

Bagi penggemar game rhytm dan Anime bertema band, mungkin bisa mencoba seri Bang Dream!. Seri mobage keluaran Bushiroad ini rilis di Jepang pada Maret 2017 lalu, sebelum akhirnya mendapatkan versi bahasa Inggris dan dirilis pada bulan April 2018. Game ini dimainkan dengan mekanisme permainan yang mirip dengan guitar hero maupun game berbasis rhytm lainnya. BANDORI memiliki lagu original, hingga cover dari lagu-lagu anime terkenal.

BANDORI merupakan mobage adaptasi serial Animenya dengan judul yang identik. Namun di dalam mobage ini sendiri, ceritanya mengambil latar yang lebih jauh dari versi animenya. Kalian akan bermain menjadi seorang staff disebuah live studio bernama “CIRCLE”, dan di sana, kalian juga akan mencoba meng-handle sebuah live event yang akan diadakan. Tugas pemain dalam game ini sendiri adalah untuk mengumpulkan Girl Band yang ingin tampil dalam acara festival tersebut.

5. Grand Theft Auto V - Grand Theft Auto Online

Platform: Playstation 4 / PC / Xbox One
[embedded content]

Grand Theft Auto V
Grand Theft Auto V

Developer: Rockstar North

Price: 546000 IDR

Berbicara mengenai online game yang mengasyikan dan gila, apalagi bertema open world dengan probabilitas tak terbatas, tentu sangat tidak mungkn jika kita melewatkan game yang satu ini. GTA Online merupakan fitur yang terdapat dalam game Grand Theft Auto V yang memungkinkan pemain menjelajahi Los Santos bersama pemain lain melalui server online. Sejak diperkenalkan sekitar 5 tahun lalu, fitur seolah tidak pernah mati bahkan untuk sekedar sepi pemain. Apa yang membuat GTA Online unik adalah munculnya para Modder dari berbagai komunitas, yang menciptakan berbagai variasi permainan sehingga game ini menjadi lebih berwana, dengan inovasi yang tiada habisnya.

6. PlayerUnknown’s Battleground (PUBG)

Platform: PC / Xbox One / Mobile
[embedded content]

PUBG MOBILE
PUBG MOBILE
Price: Free

PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS
PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS

Developer: PUBG Corporation

Price: 199999 IDR

Permainan online bertema Battle Royale, belakangan menjadi sebuah hal yang sangat hits di seluruh dunia. Pada 2017 lalu, versi beta PUBG meluncur pada bulan Maret 2017, dan seketika menjadi game yang sangat populer dan banyak menarik perhatian penggemar servival game di seluruh dunia. Meskpun mereka bukanlah pencetus game bertema battle royale pertama.

Hingga saat ini, PUBG telah memiliki hampir 30 juta pemain yang tersebar di seluruh dunia. PUBG Corp selaku developer, masih giat memberikan update untuk berbagai macam fitur hingga event yang ada di dalam gamenya. PUBG juga saat ini telah memiliki versi yang lebih praktis dan portable, PUBG Mobile. Yang memiliki fitur treatment yang sama dengan versi PC / Konsolnya (versi Xbox One).

7. Fortnite Battle Royale

Platform: PC / Playstation 4 / iOS dan Android
[embedded content]

Fortnite
Fortnite
Price: Free+

Download Fortnite [PC]

Sama halnya dengan PUBG, pada tahun 2018, Fortnite merupakan salah satu game gratis dengan genre battle royale paling populer saat ini. 100 Player diterjunkan di sebuah pulau untuk saling membunuh satu sama lain melalui berbagai platform. Tokoh-tokoh yang kartunis dan fitur-fitur senjata dan kostum yang penuh warna, membuat Fortnite menjadi battle royale dengan atmostfer yang tidak biasa. Selain itu, Fortnite juga dapat diakses secara gratis untuk fitur Battle Royale yang dapat diakses oleh siapapun yang ingin merasakan atmosfernya.

Epic Games juga kerap mengadakan kolaborasi menarik dengan franchise lain, seperti Thanos pada saat Infinity War dirilis bulan kemarin. Kabar gembira bagi user Android, versi Android untuk game ini akan dirilis pada musim panas mendatang.

8. Overwatch

Platform: PC / Xbox One / Playstation 4
[embedded content]

Game online terbaik berikutnya adalah Overwatch, franchise FPS yang paling bertahan lama sejak dirilis pada 2016 ini mempunyai fanbase yang besar termasuk kelomppok cabang eSports yang populer di Amerika Serikat. Kalian dapat bermain secara online untuk berlatih melawan AI maupun bersama pemain lainnya. Overwatch juga merilis beberapa seri lain yang bukan dalam bentuk game, seperti komik dan animasi pendek. Game ini selain berbasis multiplayer, juga menyispkan sistem world building yang dibangun setiap season baru dihadirkan. Saat ini Overwatch telah memasuki season 10 dan mempunyai lebih dari 40 juta pemain aktif dan terregistrasi di seluruh dunia.

9. Rocket League

Platform: PC / Playstation 4 / Xbox One
[embedded content]

Rocket League®
Rocket League®

Developer: Psyonix, Inc.

Price: 135999 IDR

Rocket League menempati urutan kesembilan dari game online terbaik versi Naiklevel. Sebuah permainan “sepak bola” menggunakan mobil remot kontrol yang menggunakan tenaga roket. Dalam game ini kalian akan mengendalikan berbagai macam jenis mobil remot dan bekerja sama dengan pemain lainnya untuk mencetak gol. Berbagai macam atribut dan kosmetik yang dapat didapatkan maupun dibeli secara online. Namun di balik itu semua, pemilihan atribut / item tidak akan berpengaruh banyak. Karena skill juga tetap tidak bisa dikesampingkan. Rocket League merupakan sebuah game sederhana, namun dengan tingkat kompetitif yang luar biasa.

10. Pokemon Go!

Platform: Android / iOS

Pokémon GO
Pokémon GO
Price: Free

Player dituntut aktif berpetualang layaknya Pokemon Trainer sungguhan. Bermain sambil berjalan-jalan, maupun olah raga. Atau sekedar iseng lewat, aplikasi ini bisa diaktifkan di manapun dan kapanpun. Ada total sekitar 219 jenis Pokemon di dunia virtual ini. Belum lagi, ada sekitar 80 Pokemon Gold dan Silver kabarnya telah ditambahkan dalam update terbaru, termasuk perubahan kepribadian pokemon dan lainnya. Selain itu Pokemon Go! Juga masih aktif memberikan update-update Pokemon terbaru terutama jenis shiny dan juga hybrid versi konsol terbaru lainnya berbagai jenis pokemon dari Pokemon Ruby dan Sapphire versi 3DS. seperti Intinya, Gotta Catch ‘Em All !!!

11. Clash of Clans (CoC)

Platform: Android / iOS

Clash of Clans
Clash of Clans
Price: Free

Game online Android ini bisa dibilang sangat populer selama 5 tahun terakhir sehingga cocok untuk masuk daftar game online terbaik versi Naiklevel. CoC merupakan game bertema strategi yang mengajak pemainnya untuk menyerang desa lawan atau melindungi desa dari serangan musuh. Seperti Age of Empires, selain mengatur strategi menyerang, pemain juga harus membangun pertahanan yang kuat agar dapat memiliki ketahanan yang cukup untuk menghalau serangan lawan. Pemain juga dapat mengundang teman lain secara online, dan membangun clan-nya sendiri untuk menuju peringkat teratas. Tujuan utamanya sendiri tetap harus bisa mengalahkan lawan, yakni si Raja Goblin. Untuk mengalahkannya, pemain harus membangun desa yang makmur, pertahanan dan pasukan yang kuat dan tentunya menyusun strategi penyerangan.

12. Asphalt 8 : Airborne

Platform: Android / iOS
[embedded content]

Asphalt 8: Airborne
Asphalt 8: Airborne
Price: Free

Sejak lama, Asphalt dikenal sebagai mobile game, yang digadang-gadang dapat menyaingi kepopuleran franchise lainnya seperti Need for Speed. Saat ini Asphalt 8 telah mengalami berbagai perubahan signifikan, dengan ditunjang ratusan mobil serta lokasi-lokasi track baru yang membuat gamenya terasa semakin keren. Selain mode single player offline, game ini juga didukung oleh multiplayer online. Fitur multiplayer merupakan sarana untuk mendapatkan point dan juga reward baik itu untuk meningkatkan performa maupun mempercantik mobil selama permainan berlangsung. Sambil menunggu dirilisnya Asphalt 9 : Legends untuk Android, tidak ada salahnya mencoba untuk “berlatih” terlebih dahulu di seri prekuelnya ini.

13. Power Rangers Legacy Wars

Platform: Android / iOS

Power Rangers: Legacy Wars
Power Rangers: Legacy Wars
Price: Free

Game online terbaik berikutnya adalah Power Rangers Legacy Wars, dimana kali ini Rita Repulsa kembali meyerang bumi. Kali ini ia menciptakan sebuah virtual grid yang dapat menciptakan monster-monster dan power rangers yang bertempur di bawah kendalinya. Pemain akan berperan sebagai Power Rangers dari berbagai dimensi untuk menghentikan rencana jahat musuh legendaris umat manusia itu.

Pada awalnya Power Rangers Legacy Wars dibuat untuk memperingati film Power Rangers yang pada tahun kemarin dirilis di layar lebar. Namun ternyata respon positif yang diterima membuat game ini memasukkan karakter baru seperti Lord Drakkon yang hanya ada dalam komik, tak lupa pula kolaborasi dengan franchise lain seperti Street Fighter.

14. Mobile Legends: Bang Bang

Platform: iOS / Android

Mobile Legends: Bang Bang
Mobile Legends: Bang Bang
Price: Free

Kemudian pembahasan terakhir di game online terbaik versi Naiklevel, terkenal dengan ungkapan “Moba kok Analog?”. Mungkin kalian tidak asing dengan istilah tersebut. Ya itulah yang tertuju pada game Mobile Legends. Mobile Legends merupakan permainan massive battle arena online dengan grafik yang lebih sederhana. Kontrolnya pun tidak jauh berbeda dengan Arena of Valor. Dalam hal ini, analog justru sangat membantu untuk memperoleh pergerakan yang lebih baik.

Meskipun grafiknya bisa dikatakan kalah dengan kompetitor utamanya (AoV), Puluhan Hero dan berbagai bonus bagi pemula, maupun fitur-fitur yang ada di dalam gamenya, membuatnya tidak kalah dengan game-game lain yang memiliki sistem dan diluncurkan pada segmen yang identik. Faktanya Mobile Legends: Bang Bang juga merupakan game paling banyak didownload di Playstore saat ini.

FINAL VERDICT

Demikian beberapa rekomendasi 14 game online terbaik 2018 dari berbagai Platform Android dan PC. Mengingat list di atas merupakan game yang mengharuskan kalian untuk selalu online, jadi perhatikan pula manajemen waktu serta ingat baik-baik setiap progress yang telah kalian lakukan, baik itu saat berada di dalam maupun di luar game.

Deretan game online terbaik yang disajikan kru Naiklevel tersebut merupakan hasil pengamatan, review dari berbagai sumber serta testmoni pribadi yang telah memainkannya. Jadi pilihan-pilihan tersebut tidaklah mutlak. Namun jika Gamer sekalian mendapatkan impresi / kesan yang sama dengan berbagai jajaran game di atas, atau bila tertarik ingin mencoba merasakan sensasinya, tidak ada salahnya mencoba dan silahkan kunjungi store-nya masing-masing. Happy Gaming.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment