Pro Evolution Soccer Kehilangan Lisensi Borussia Dortmund

Kabar kurang mengenakkan kembali menerpa salah satu game olahraga paling terkenal di jagat game penggemar sepakbola, Pro Evolution Soccer, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan PES. Beberapa waktu lalu, PES dikabarkan kehilangan lisensi salah satu tim besar yang ada dalam game mereka, yakni tim asal Jerman, Borussia Dortmund.

Dalam pengumuman di situs resmi KONAMI kemarin, perusahaan asal Jepang tersebut mengatakan bahwa tim papan atas Bundesliga yang satu ini tidak akan mendapat lisensi secara resmi untuk PES 2019 mendatang. Meskipun sudah memasuki tahap pemasaran dan iklan yang telah dipromosikan, Dortmund dikabarkan tidak akan ada dalam versi Final untuk gamenya yang akan dirilis pada Agustus nanti. Berita ini muncul bersamaan dengan diputusnya kontrak oleh pihak klub kepada KONAMI secara tiba-tiba. PES seharusnya dapat memiliki Borussia Dortmund beserta lisensi resmi klub hingga tahun 2020 mendatang. Hanya saja pihak klub Jerman tersebut memutus kontrak hingga 2 tahun lebih awal.

Hal ini jelas merupakan salah satu pukulan yang cukup telak mengingat untuk masalah lisensi, Pro Evolution Soccer 2019 juga baru saja kehilangan lisensi UEFA yang membuat mereka, untuk tahun depan, tidak dapat lagi menggunakan format UEFA Champions League maupun UEFA Europa League secara lengkap, karena habisnya kontrak yang telah dijalin selama 10 tahun. Dengan hilangnya Dortmund, maka klub top yang baru dimumukan sejauh ini berada dalam game dan berlisensi lengkap, hanyalah FC. Barcelona (Spanyol) dan Liverpool (Inggris).

Belum ada pengumuman resmi Liga dan Klub top mana saja yang nantinya akan berada dalam game. Dalam PES 2018, dari seluruh daftar liga top Eropa, mereka hanya mempunyai lisensi Ligue 1 (Perancis), dan kehilangan 4 Liga Top lainnya (Premiere League, La Liga, Serie-A, dan Bundesliga) yang menyebabkan hampir seluruh liga top Eropa memakai nama yang bukan nama resmi.. Meski sebagian tim besar seperti Arsenal, Liverpool, Barcelona, AC Milan, Inter, dan Atletico Madrid hadir di dalam versi fullnya.

Meski begitu, KONAMI kabarnya telah menambah berbagai lisensi liga lainnya ke dalam game. Di antaranya Jupiler Pro League (Belgia), Superliga Denmark, Raiffeisen Super League (Swiss), Russian Premier Liga, Liga NOS Portugal, Superliga Quilmes Clásica (Argentina), dan Ladbrokes Premiership asal Skotlandia.

KONAMI menandatangani kontrak dengan Borussia Dortmund selama 4 tahun dari tahun 2016 (PES 2017). Apa yang mendasari pemutusan kontrak ini tidak dijelaskan secara detail oleh pihak KONAMI. Yang jelas, kita mungkin akan mengetahuinya dalam beberapa hari ke depan.

Pro Evolution Soccer 2019 dijadwalkan dirilis pada 29 Agustus 2018 mendatang untuk Playstation 4 dan Xbox One, serta satu hari setelahnya (30 Agustus 2018) untuk platform PC.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment